*Tugas Softskill Kewirausahaan #
SOFT SKILL
PROPOSAL USAHA
"RUMAH
KENTANG GORENG

2SA02
Kelompok:
*ALGANA PRABANDARU
*JERRY ANGGORO KASIH
*REZICKA AVERTHA NOORSAD
*ROHMAD HIDAYATULLOH
RENCANA USAHA INI DIKETAHUI OLEH PIHAK-PIHAK BERIKUT
KETUA RT KETUA RW
SUGANA
SUGANDI ANGGORO SUKASIH
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seperti yang kita
ketahui, sudah banyak penjual kentang goreng di Indonesia. Kentang goreng
menjadi salah satu makanan favorit yang digemari oleh berbagai kalangan, dari
kalangan bawah, menengah dan kalangan atas. Generasi muda jaman sekarang,
contohnya mahasiswa, ingin menumbuhkan jiwa pengusaha dalam dirinya. Menumbukan
usaha mikro di kalangan mahasiswa tidaklah mudah. Usaha mikro adalah usaha yang
bersifat menghasilkan pendapatan dan dilakukan oleh rakyat miskin atau
mendekati miskin. Sedangkan Pengusaha Mikro adalah orang yang berusaha di
bidang usaha mikro.
Masyarakat
saat ini sudah mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan. Dulu orang
saat membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah,
terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah, hal inilah yang menjadi
prioritas utama bagi masyarakat dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu
memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang akan
mereka beli. Maka dari itu kami membuat usaha ini dengan pembuatan yang berbeda
agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan karena banyaknya
kalangan masyarakat yang menyukai cemilan ini, maka kami akan berusaha
memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua
kalangan masyarakat.
B. Alasan
Kentang
goreng merupakan salah satu makanan asing yang kini menjadi kudapan
favorit di Indonesia. Makanan ringan yang terbuat dari potongan-potongan
kentang yang digoreng dalam minyak panas yang di negeri asalnya disebut french
fries ini telah menjadi salah satu menu di banyak rumah makan. Selain itu,
kudapan ini juga sering dijadikan snack atau camilan saat-saat santai.
Karena diterima oleh
lidah sebagian besar orang Indonesia, bisnis kentang goreng pun mengembang.
C. Tujuan
Adapun tujuan kami di dalam membuat usaha (makanan) ini
adalah :
1. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi
2. Untuk menambah daya tampung tenaga kerja
sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3. Dapat membantu para petani yang menanam pohon
kentang
4. Memasarkan produk hasil olahan kepada
masyarakat sekitar
5. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat
mengetahui bahwa kentang goreng ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
BAB II
PERENCANAAN PEMASARAN
A. Target pasar
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan kentang yang baik
sampai kepada packing, kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari target
pasar. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang
pasar yang dapat menerima produk kami ini. Target pasar sudah merupakan kunci
penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar
apabila sudah mendapatkan target pasar yang kita inginkan.
Kami akan mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing kami bagaimana caranya membuat
kentang goreng ini agar berbeda dengan kentang goreng lainnya yang sudah
beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun kami akan
membuat kentang goreng ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya
juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu
para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi
makanan ini.
Kami akan menjual kentang goreng ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak
dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik kami ini akan
lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.Lokasi usaha yang ideal adalah di
tempat yang banyak di lalui orang, tepat di sekitar kampus juga bisa menjadi
pilihan karena kalangan mahasiswa sangat menyukai makanan ini. Kentang goreng
adalah makanan yang bisa di makan kapan saja dan di mana saja, penyuka kentang
goreng biasanya menjadikannya camilan bila perut lapar sebelum atau setelah
makan.
B. Promosi
Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan
kami lakukan :
1. Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan
makanan yang kami jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar
atau sering disebut delivery.
2. Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu
dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3. Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi
cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini
orang banyak membuka internet seperti facebook, twitter, yahoo, google dan lain
- lain, tak ada salahnya bila dicoba.
Analisa
Bisnis
Investasi
Awal
· Peralatan
· Peralatan
- Peralatan memasak
Rp. 1.000.000
- Toples, dll Rp. 100.000
- Timbangan Rp. 150.000
· Kompor dan Gas Rp. 350.000
- Toples, dll Rp. 100.000
- Timbangan Rp. 150.000
· Kompor dan Gas Rp. 350.000
· Rombong
atau
Meja
Rp. 1.500.000
· Box
es
Rp.
500.000 +
Total investasi
awal Rp.
3.600.000
Biaya Operasional Bulanan
· Kentang kemasan
Biaya Operasional Bulanan
· Kentang kemasan
@Rp.30.000 x 100
bks Rp.
3.000.000
· Bumbu-bumbu Rp. 500.000
· Bumbu-bumbu Rp. 500.000
· Kemasan
Rp. 250.000
· Sewa
tempat
Rp. 750.000
· Minyak
goreng dan
gas
Rp. 200.000
· Penyusutan
peralatan 5thn
Rp.
60.000
· Gaji
karyawan 2
orang
Rp. 1.500.000+
Total biaya operasional Rp.
6.260.000
Penjualan Per Bulan
· Kentang Original @Rp. 7.500
Penjualan Per Bulan
· Kentang Original @Rp. 7.500
20 bks x 30
hari
Rp.
4.500.000
· Kentang Aneka Rasa @Rp. 10.000
· Kentang Aneka Rasa @Rp. 10.000
10 bks x 30
hari
Rp. 3.000.000
· Kentang Variasi @Rp. 12.500
· Kentang Variasi @Rp. 12.500
2 bks x 30
hari
Rp.
750.000 +
Total penjualan per bulan Rp. 8.250.000
Total penjualan per bulan Rp. 8.250.000
Laba
Bersih Per Bulan
· Penjualan per bulan Rp. 8.250.000
· Penjualan per bulan Rp. 8.250.000
· Biaya
operasional per
bulan Rp.
6.260.000 -
Total Laba Rp.
1.990.000
Strengths (kekuatan)
-Harga
kentang goreng ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
· -Kualitas
dari kentang goreng ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya
diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
· -Tersedia
kemasan berbagai ukuran
· -Kentang
goreng ini mempunyai rasa yang gurih dan enak
· -Kentang
goreng dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan
hemat.
Weakness (kelemahan)
· -Bahan
baku kentang goreng yang mudah rusak
· -Kentang
goreng akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau
ditumpuk
· -Opportunity
(peluang)
· -Kondisi
masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan
produk.
· -Permintaan
pasar yang semakin meningkat
Threats (ancaman)
· -Jumlah
kompetitor yang terus meningkat
· -Munculnya
produk baru yang lebih unggul
· -Kenaikan
harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas
Kredit
Usaha Kecil
Bank
DKI senantiasa akan memfasilitasi seluruh kebutuhan anda.
Kredit Pembiayaan Modal Kerja usaha produktif untuk Pengusaha kecil
Cakupan
KMK-KUK :
· -Memiliki kekayaan bersih
maksimal diatas Rp. 200 Juta (tidak termasuk tanah dan bangunana serta tempat
usaha).
· -Memiliki hasil penjualan
tahunan paling banyak Rp. 1 Milyar
· -Milik WNI
· -Berdiri sendiri dan bukan
merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan
· -Berbentuk usaha
peroranggan, badan usaha tidak berbentuk hukum atau badan usaha berbadan hukum
termasuk koperasi
· -Kredit Pembiayaan Modal
Kerja Usaha Produktif Untuk Pengusaha Kecil dan Menengah
CakupanKMK-UKM:
Sektor
Industri
· -Memiliki total asset paling
banyak Rp. 5 Milyar
· -Maksimum kredit yang diberikan
sebesar Rp. 3 Milyar
Sektor
Non Industri
· -Memiliki kekayaan bersih
paling banyak Rp. 600 juta termasuk tanah, bangunan dan tempat usaha
· -Nilai hasil penjualan
pertahaun maksimal Rp. 3 milyar
-Maksimum kredit yang diberikan
Rp. 3 milyar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar